Tan Djin Sing (Bupati Yogyakarta) & Thung Sian Toh (Cucu Sultan Agung Tirtayasa, Banten)
Dua Tokoh Bangsa Yang Menjadi Tionghoa

Tan Djin Sing

Tan Djin Sing, adalah keturunan bangsawan Jawa yang menjadi Tionghoa. Beliau pernah menjabat sebagai Bupati Yogyakarta (Ayodhya Kerta). Kecakapannya benar-benar di atas rata-rata pada saat itu; selain mampu berbahasa Hokkian, Jawa dan juga Melayu; Djin Sing juga belajar bahasa Belanda dan Inggris. Bagi kalangan Tionghoa, beliau adalah pimpinan / tokoh yang sangat terhormat.

Djin Sing yang lahir tahun 1760 menjadi Tionghoa sejak kecil. Lantaran ayahnya meninggal sebelum ia terlahirkan; Djin Sing terawat dan dibesarkan oleh keluarga Tionghoa bernama Tan Sin Hong.

Bupati Jogja bergelar Raden Tumenggung Secodiningrat inilah; yang menemukan kembali dan menunjukkan jalan menuju Candi Borobudur kepada Gubernur Jendral Raffles. Nama Raffles tak akan pernah tercatat dalam sejarah sebagai penemu Borobudur; jika Tan Djin Sing tak memberitahukan keberadaan Candi tersebut.

Sampai saat ini, keturunan dari Bupati Tan Djin Sing (1760 – 1831) masih sangat kompak; banyak di antara keturunannya menjadi tokoh-tokoh penting masyarakat Jawa.

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: